Rabu, 03 November 2010

Makan Sushi Gulung yuk

Ada yang pernah makan Sushi? Tahu Sushi Gulung? Sushi gulung adalah makanan yang berasal dari Asia yang diisi oleh nasi dan seafood yang dibungkus rumput laut (nori). Sampai akhir abad kedua puluh, Sushi gulung hanya tersedia di restoran. Saat ini, sejumlah perusahaan mempersiapkan Sushi gulung untuk penjualan eceran di toko kelontong. Meskipun banyak perusahaan-perusahaan ini menggunakan mesin pembuat Sushi yang disebut pembuat robot-untuk membentuk nasi dan menambahkan bumbu pada nasi tersebut, kualitas terbaik Sushi gulung masih buatan tangan. Seorang ahli sushi koki, Shokunin, bisa membuat gulungan Sushi dan kemudian memotong Sushi tersebut menjadi enam sampai delapan gulungan Sushi dalam hitungan yang cepat.

Para perusahaan yang memproduksi Sushi dengan menggunakan mesin bukan karena keinginan perusahaan tersebut ingin mempercepat produksi tapi karena kekurangan koki untuk membuat Sushi.


Waktu pembuatan sushi adalah tradisi waktu yang terhormat di Jepang. Membuat Sushi sama dengan melakukan suatu kerajinan seni. Kerajinan seni ini adalah tentang kebanggaan nasional yang kuat, dan sering dicatat bahwa ikan merah dan putih melambangkan beras merah dan putih bendera Jepang. Tradisi ini juga meluas ke jenis peralatan yang digunakan. Meskipun beberapa barang pengganti dapat diterima, di dapur tradisional Jepang peralatan-peralatan berikut akan tetap ditemukan: hangiri (bak kecil yang terbuat dari cemara diikat dengan simpai tembaga dan digunakan untuk pendinginan cuka beras), shamoji (datar, kayu, spatula dibulatkan digunakan untuk mencampur nasi), uchiwa (penggemar genggam terbuat dari bambu dan ditutup dengan kertas atau sutra digunakan untuk menghilangkan uap air dari beras Sushi), dan makisu (tikar terbuat dari bambu tipis strip dijalin bersama dengan string yang dipakai untuk menggulung Sushi). (Madehow)


Lihat juga:
Burger King
Sour Sally

Tidak ada komentar:

Posting Komentar